Sambutan Kepala SMK Negeri 1 Kersana

By Admin Web 05 Mei 2018, 09:12:16 WIB

Ketika kita merasakan bahwa apapun yang kita ingin dan harapkan tersaji di depan kita,betapa senang dan bahagianya rasa hati kita. Sebaliknya betapa kesal dan menggerutunya kita ketika segala harapan dan keinginan yang selama ini kita panjatkan bahkan menjadi kebiasaan doa-doa kita, tak pernah kunjung ada yang terwujud. 

Ketika kita melihat dan mendengar tentang pengalaman berhasil seseorang atau sekelompok orang dalam mengelola sebuah organisasi maka akan muncul semangat untuk memajukan sekolah yang begitu menggebu dan menggelora. Sebaliknya ketika kita menyaksikan cerita gagal orang lain, betapa banyak alasan dan argumen yang mereka kemukakan untuk mengiringi kegagalannya. 

Dalam mengelola pendidikan di sekolah memang selalu dihadapkan pada dua variabel  yaitu variabel  harapan dan variabel  kenyataan, variabel situasi dan kondisi internal serta variabel  situasi dan kondisi eksternal, yang keduanya sering tidak seiring maupun sejalan. 

Perkembangan variabel  situasi dan kondisi eksternal  sering lebih cepat dari perubahan yang kita upayakan pada variabel situasi dan kondisi internal. Hal ini telah banyak menuntut sekolah untuk melakukan terobosan-terobosan radikal untuk mengejar ketertinggalannya.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pendidikan seperti e-learning, e-data, e-raport  dan lainnya adalah salah satu jawaban untuk mentriggr variabel situasi dan kondisi internal, untuk menghadapi derasnya laju perubahan variabel  situasi dan kondisi eksternal, disamping masih diperlukan berbagai hal lain yang relevan.

Semoga website SMK Negeri 1 Kersana Brebes ini dapat membuka pintu dan jendela yang akan menghubungkan situasi dan kondisi internal sekolah dengan situasi dan kondisi eksternal sekolah, menghubungkan benang merah pengembangan sekolah dengan tuntutan perubahan di luar sekolah, sehingga dapat menunjang optimalisasi potensi dan kelemahan internal dalam menghadapi peluang dan tantangan eksternal.